Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Kencing Nanah dan Penyembuhannya - Gonore atau kencing bisul adalah salah satu penyakit menular seksual yang lazim dan disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria ataupun wanita bisa terjangkit penyakit ini. Kuman gonococcus biasanya ditemukan di cairan penis dan organ intim wanita dari orang yang terinfeksi.

Bakteri penyakit ini bisa menyerang anus, mulut rahim (leher rahim), uretra (saluran kencing dan sperma), mata, dan tenggorokan. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya

Gonore paling kerap menular lewat hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tak dilapisi dengan kondom baru tiap-tiap diterapkan, dan berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bayi juga bisa terinfeksi ketika progres kelahiran apabila ibunya mengidap penyakit gonore dan biasanya menjangkiti mata bayi, hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen.

Kuman gonore tak dapat bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melalui dudukan WC, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan.

Gejala Gonore

Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari.
Lazimnya lebih mudah untuk mengenali gejala gonore pada pria dibandingkan wanita sebab gejala awal pada wanita mungkin sungguh-sungguh ringan atau tidak semacam itu terang sehingga sering kali keliru dianggap sebagai infeksi Miss V atau infeksi saluran kemih. Melainkan demikian, infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jikalau tidak lantas diobati dan bisa menyebabkan perdarahan pada vagina, sakit pada perut komponen bawah, demam, dan sakit dikala menjalankan relasi seksual.

Gejala gonore yang sering kali muncul, baik pada pria ataupun wanita, di antaranya adalah ketika membuang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental seperti bisul berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis. Oleh sebab itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing nanah’.

Diagnosis Gonore

Ada beberapa cara untuk menegakkan diagnosis gonore pada seseorang. Pada hampir beberapa besar kasus, dokter akan mengerjakan pengujian sampel cairan dari Miss V atau penis untuk kemudian diperiksa di lab.
Pada wanita, dokter atau perawat biasanya akan mengaplikasikan cotton bud untuk mengambil sampel cairan di vagina atau mulut rahim. Tapi, dokter mungkin juga dapat minta pasien untuk memakai tampon guna mengambil sampel cairan hal yang demikian. Prosedur ini tidak memunculkan rasa sakit, tapi pasien mungkin akan merasa sedikit tak nyaman. Baca juga: Penyakit Kencing Nanah dan Penyembuhannya

Prosedur pada pria sedikit berbeda, di mana dokter mungkin akan memeriksa sampel air kencing pasien untuk kemudian diperiksa akhirnya di lab. Pemeriksaan urine ini kurang akurat akhirnya pada pasien wanita. Selain itu, dokter mungkin juga akan mengambil sampel cairan yang keluar di ujung penis dengan memakai cotton bud.

Pengobatan dan Pencegahan Gonore

Dokter umumnya akan memberikan satu suntikan antibiotik dan satu tablet antibiotik untuk mengobati gonore, serta merekomendasikan supaya Anda kembali lagi satu atau dua pekan sesudah pengobatan permulaan untuk pemeriksaan ulang dan memutuskan bakteri gonore telah sirna sepenuhnya.
Gejala dampak bakteri gonore akan membaik setelah beberapa hari kalau dilakukan pengobatan yang tepat sasaran dan sesegera mungkin. Namun bila diizinkan, bisa menjadi keadaan sulit yang serius.

Untuk mencegah penularan pada orang lain atau terinfeksi kembali, Anda dan pasangan Anda sebaiknya tidak terkait seks hingga perawatan benar-benar tuntas dan pemeriksaan ulang sudah ternyata negatif.

Anda dapat terkena penyakit gonore kembali apabila tak melakukan kekerabatan seks yang sehat dan aman di kemudian hari. Metode terbaik untuk mencegah infeksi menular seksual ialah dengan tak berganti-ganti pasangan, tak melaksanakan relasi seksual di luar nikah, dan gunakan kondom sekiranya melaksanakan hubungan seks.

Demikian ialah ulasan seputar Kencing Nanah dan Cara Penyembuhannya yang bisa de nature sajikan utk Bapak/ Ibu sekalian. Semoga kutipan tersebut bermanfaat & dapat menambah wawasan utk Agan semua.